Rabu, 27 November 2013

Piranti Optik


1.        Piranti optik diidentifikasi kegunaannya sebagai LED, LCD dan sebagainya.
a)     LED (Light Emiting Dioda) adalah dioda yang didalam Junction diadop dengan Fosfor, maka bila dialiri arus listrik akan menghasilkan cahaya
b)    LCD (Liquid Crystal Display) adalah piranti Display yang banyak dipakai sebagai tampilan Output sebuah Proses Digital, seperti Kalkulator, Jam, Counter bahkan monitor Personal Computter.
2.        Piranti optik untuk Solar sel/ Solar system dapat dijelaskan aktivasinya dengan benar.
c)     Solar Sel/Solar system adalah photovoltaic panels, Kristal dari olahan pasir silica yang dibuat seri-paralel dalam cetakan apabila terkena sinar matahari atau sinar lampu TL dapat menghasilkan energi listrik AC maupun DC. Akan tetapi untuk pencahayaan yang stabil yang dapat dimanfaatkan secara produktif adalah energi listrik DC.
Dalam aplikasinya ini sangat baik sebagai pembangkit listrik ramah lingkungan, khususnya di daerah tropis yang hampir sepanjang tahun ada sinar matahari.
d)    Sinar matahari yang diubah ke dalam energi listrik oleh Solar system selanjutnya disimpan dalam Accumulator dengan melalui regulator, baru dimanfaatkan sesuai kebutuhan.
e)     Panel Solar system  sebagai Pembangkit Listrik Alternatif.


3.        Piranti optik untuk photo resistor, photo dioda, phototransistor dapat dijelaskan pemakaiannya masing-masing dan dapat digambarkan skemanya.
a)     Photo Resistor/LDR (Light Dependent Resistor), adalah resistor yang memiliki sifat bila terkena cahaya nilai resistansinya akan berubah. Semakin terang cahaya yang menyinarinya maka akan semakin kecil nilai resistansinya, dan bila cahaya semakin gelap nilai resistansinya semakin besar.
b) Photo Dioda, adalah semi konduktor yang memiliki 2 elektroda, Anoda dan Katoda strukturnya Junction PN di adop dengan Optik, sehingga konduktifitas arus yang mengalir ditentukan oleh besar kecilnya cahaya yang menyinarinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar